Jadi, Gue Putusin Stop Main Sosmed Seminggu, dan Ini yang Gue Rasain

Oke, minggu lalu gue ngelakuin hal yang agak ekstrem: ngapusin Instagram dan Twitter dari HP. Kalo kalian nanya kenapa, jawaban awal gue cuma, "Ya pengen aja sih. Kayak buang-buang waktu aja buka sosmed mulu." Memang bener sih, buang-buang waktu banget. Bangun tidur, mandi, buka HP liat sosmed. Di kantor, lagi capek, buka sosmed. Pulang kantor, buka sosmed. Sampe di rumah, siap-siap tidur, buka sosmed. Kayak hidup gue kayak bergantung sama sosmed. Padahal saat itu, gue mikir, "nggak juga, ah." 

Akhirnya gue mutusin buat ngilangin akses gue sepenuhnya ke Instagram dan Twitter. Caranya? Selain ngapusin aplikasinya, gue juga bikin HP gue gak bisa akses web instagram.com dan twitter.com. Gak cuma itu, gue juga pasang extension browser di laptop pribadi dan kantor, supaya gak bisa akses website Instagram dan Twitter. Jadi, bener-bener gak bisa ngakses walaupun gue mau. Soalnya ribet ngebalikinnya, hahaha.

Ngomong-ngomong, salah satu alasan gue ngapusin sosmed juga gara-gara nonton video dari Lauren Kim (Youtube: lrnjulie), dimana dia ngapusin semua sosmednya dan bikin website. Argumennya menarik, walaupun gak semua hal gue setuju sama apa yang dia omongin, tapi video itu berhasil jadi pemicu buat gue nyoba.




Dia cerita juga kalau dia pindah dari satu kota di Amerika ke kota lain berkali-kali, dan temen-temennya semua "hilang" karena udah ngejalanin hidupnya masing-masing, terpisah dari dia. Dan semua koneksi yang dia punya sama masa lalunya, cuma dari sosmed. Dan menurut dia, itu gak sehat.

Pas awal ngelakuin eksperimen ini, gue ngerasain hal yang sama. Sekarang gue lagi fokus-fokusnya di kerjaan, ngeberesin urusan keluarga, dan jadi jarang ngobrol sama temen kuliah, SMA, ataupun SMP-SD. Sabtu minggu HP gue udah sepi aja. Gak ada yang ngechat, gak ada yang ngajak ngobrol, gak ada apa-apa. Semua cerita gue dapatkan dari sosmed mereka masing-masing. Satu-satunya cara gue berinteraksi sama mereka di sosmed, ya cuma ngereply story Instagramnya, atau nge-like postingan Twitternya. Itu doang.

Sepi banget, anjir. Hahaha.

Pas udah ngapusin sosmed, keadaan sepi ini kayak teramplifikasi. Jadi makin berasa. Makin ilang dari kehidupan sosial, dan makin berjarak. Tapi di sisi lain, otak gue jadi lebih tenang. Jadi sadar beberapa hal, yang selama ini gue gak sadari. Mungkin karena otak gue gak lagi kehabisan energi buat ngescroll sosmed ngeliatin hal gak penting. Hahaha.

Hal pertama yang gue sadari adalah betapa gue kalau lagi ngedeketin seseorang (atau orang yang dekat sama gue), gue bakal ngestalk sosmednya abis-abisan. Jadi, story orang itu bakal selalu muncul di paling kiri Instagram gue. Kayak, pengen banget gitu, bisa ngerelate sama dia, bisa tau cerita dia. Apalagi, hal itu juga didukung sama algoritmanya Instagram, kan ya.

Tapi ya itu tadi, cara kayak gini cuma bikin semacam koneksi "parasosial" aja sama temen-temen gue. Begitu gue gak liat sosmednya mereka, begitu gue gak posting apapun di story gue, ya jadi gak ada koneksi sama sekali. HP gue makin sepi. Tapi ya udah lah, hidup emang gitu kadang.

Selanjutnya, hal yang gue sadarin adalah, kayaknya nih, semua masalah gue sama mantan-mantan gue dulu gara-gara sosmed. Soalnya otak gue tenang tadi, jadi kepikiran hal ini, hahaha. Coba deh kita list satu-satu.

Pernah berantem sama mantan SMA gara-gara dia slow respon bales chat (BBM/Whatsapp) saat itu. Konteksnya, dia masuk kuliah duluan di Jogja, dan gue masih harus nunggu pengumuman kampus lewat SBMPTN. Setiap ngobrol, balesnya lama mulu. Tapi di sosmednya dia keliatan happy-happy aja sama temen-temennya. Padahal saat itu gue lagi gabut-gabutnya, gak ngapa-ngapain. Jadi ya, gak ngerelate sama kesibukannya dia, dan akhirnya jadi penyebab berantem.

Pernah juga berantem sama mantan yang lain pas kuliah, karena gue udah jarang "curhat" ke dia. Saat itu, gue lebih sering curhat ke sosmed. Jadi dia tau kegiatan gue dari sosmed, bukan dari gue langsung. Itu yang bikin dia sebel, karena dia saat itu ngebandingin gue sama bokapnya, yang tiap makan siang selalu pulang ke rumah. Agak gak nyambung sih, tapi maksud dia, selalu ada interaksi dan cerita setiap makan siang itu.

Sama satu lagi, gue pernah kehilangan temen gara-gara ngesindir dia di sosmed. Konteksnya saat itu gue baru kenalan sama dia dan temennya lewat grup online gitu. Gue sok tau, sok nge-judge temennya dia gitu. Dia gak suka, gue minta maaf. Tapi abis gue minta maaf dan kondisinya selesai, gue malah ngutarakan apa yang gue pikirkan di sosmed. Dia liat, dong? Akhirnya dia mempermasalahkan hal itu juga. Jadilah kita sekarang sudah tidak berteman lagi. (Cerita ini agak dieksagerasi, karena ada hal lain yang sebenernya menyebabkan kita tidak berteman lagi.)

Dari tiga contoh di atas, kayaknya gue agak goblok ya jadi orang, hahaha. Tapi gue sadar hal-hal itu gak bener, dan harusnya gue bisa makin memperbaiki hal itu kedepannya. Tapi poin gue tetep sama, sosmed yang menjadi akar permasalahan hampir semua hubungan gue sama orang.

Sekarang, setelah seminggu, apa yang gue rasain? Jujurly, perih. Kayak sakau gitu, pengen banget buka sosmed, pengen banget tau hidup orang kayak gimana. Hal itu sebenarnya masih bisa gue lakuin, soalnya kadang extension browsernya ngebug dan bisa bikin gue buka sosmed. Tapi gue rasa, gue jadi semakin sedikit ngakses sosmed tersebut.

Kalo ditanya, sekarang penyaluran "sakau"nya kemana? Sekarang, yang gue buka malah LinkedIn, hahaha. Tapi karena isinya mayoritas membosankan, jadinya gue juga jarang buka.

Gue juga jadi langganan Medium, supaya gue bisa baca artikel-artikel yang memang ditulis secara menarik. Meskipun gue juga agak gak suka sama isinya, terlalu click-baity buat gue.

Selain itu, gue juga sering buka MSN aja, supaya tau berita-berita update terkini. Intinya sih, penyalurannya jadi ke arah lebih positif, ya. Hahaha.

Tapi, satu hal yang mungkin jadi penutup tulisan ini, adalah sebenernya eksperimen ini gue lakukan, tanpa bilang siapa-siapa (selain akhirnya bilang ke salah satu temen terdekat gue). Jadi kayak semacam sayang aja gitu, gak dikasih tau kalau gue udah gak akses sosmed. Tapi ya, udah lah. Itu topik buat cerita lain kali.

Semoga cerita ini, bermanfaat? Entahlah, yang penting gue udah lega, udah cerita. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kopi dan Ekstasi untuk dipaksa produksi dan relaksasi

Belajar menulis untuk belajar berpikir.